Senin, 04 Mei 2020

7 Tips Jaga Produktivitas Saat Work From Home Di Bulan Puasa

Dalam upaya membantu menekan penyebaran penyakit infeksi, banyak perusahaan yang memberlakukan work from home (bekerja dari rumah) bagi para karyawannya jika memungkinkan. Selain dapat membantu menekan penyebaran penyakit infeksi, sebetulnya banyak manfaat lainnya seperti memiliki waktu lebih banyak dengan keluarga terutama anak, kenyamanan dan jadwal yang jauh lebih fleksibel.

Namun bekerja dari rumah bisa menjadi sangat berbahaya jika Anda mudah tergoda oleh penundaan dan berbagai gangguan di sekitar rumah, sehingga Anda menjadi lebih sulit untuk menyelesaikan pekerjaan dan menghambat produktivitas Anda. Terlebih ketika di bulan puasa, Anda memiliki tantangan ekstra yaitu rasa kantuk dan lapar yang mungkin akan lebih sering datang. Kerja pun menjadi semakin tidak maksimal karena fokus terganggu.

Berikut ini beberapa upaya yang dapat Anda lakukan agar tetap fokus dan produktif saat bekerja dari rumah di bulan puasa.

  1. Tetap lakukan rutinitas seperti biasanya saat Anda bekerja ke kantor.

Di bulan puasa, bangunlah sedikit lebih awal agar tidak perlu terburu-buru menyantap sahur. Setelah sahur dan ibadah, sebaiknya jangan tidur kembali tapi lakukan aktivitas lain dan bersiap seolah-olah Anda akan pergi ke kantor. Tentukan juga pengaturan jam kerja, waktu istirahat dan melakukan ibadah seperti ketika Anda bekerja di kantor.

  1. Jadikan diri Anda di kantor, atur tempat kerja khusus.

Bekerja dari rumah berarti Anda harus siap menghadapi berbagai godaan atau gangguan di sekitar rumah. Jika Anda termasuk orang yang mudah terganggu, ada baiknya menyiapkan area khusus yang nyaman untuk Anda bekerja.

  1. Rencanakan sebelumnya apa yang akan Anda kerjakan.

Tulis daftar tugas harian dan mingguan yang harus Anda kerjakan dan selesaikan agar tetap fokus. Pastikan juga Anda tetap rutin berkomunikasi dengan atasan, karyawan atau tim Anda untuk membantu mengidentifikasi prioritas dan potensi kendala kerja.

  1. Jangan lupa istirahat.

Bagi sebagian orang, bekerja dari rumah mungkin lebih nyaman hingga seringkali lupa waktu untuk istirahat. Padahal, istirahat sangat penting untuk menjaga konsentrasi agar tetap fokus dan produktif. Di bulan puasa, Anda bisa memanfatkan waktu istirahat untuk tidur siang selama 15-20 menit.

  1. Tetap aktif bergerak.

Cobalah mengatur waktu di sela-sela Anda bekerja untuk bangun dari tempat duduk dan bergerak atau meregangkan tubuh. Selain menyehatkan tubuh, hal tersebut dapat menjadi cara untuk menghindari rasa kantuk. Rasa kantuk adalah godaan terbesar saat puasa, apalagi ketika Anda harus menghabiskan waktu seharian di rumah.

  1. Jaga kesehatan mental dengan tetap terhubung dengan orang lain.

Bekerja dari rumah terkadang membuat diri merasa terasing. Tidak ada salahnya di waktu istirahat, Anda mengirimkan pesan atau melakukan panggilan telepon atau video untuk menyapa teman atau rekan kerja di luar urusan pekerjaan. Di bulan puasa, Anda mungkin juga bisa melakukan ngabuburit atau buka bersama secara online dengan teman atau rekan kerja.

  1. Jaga work-life balance.

Bekerja dari rumah juga harus memperhatikan waktu yang Anda gunakan. Sama seperti Anda menetapkan pekerjaan rutin Anda, tentukan kapan Anda harus berhenti bekerja seperti Anda meninggalkan kantor. Anda harus lebih memperhatikan keseimbangan pekerjaan dan kehidupan Anda karena saat ini pekerjaan berada bersama Anda sepanjang hari di rumah.

Bekerja dari rumah membutuhkan kedisplinan diri sendiri. Bagi sebagian orang yang tidak pernah bekerja dari rumah apalagi saat bulan puasa, mungkin perlu sedikit waktu untuk penyesuaian. Namun dengan beberapa upaya di atas diharapkan dapat membantu Anda lebih mudah untuk bekerja dari rumah dan tetap produktif. Kuncinya adalah menjaga kesehatan diri sendiri, menetapkan batasan dan menjaga work-life balance.

 

Sumber:

Cleveland Clinic. How to Work From Home & Still Be Productive. https://health.clevelandclinic.org/how-to-work-from-home-still-be-productive/

Lifehack. 7 Tips for Productively Working From Home. https://www.lifehack.org/articles/productivity/7-tips-for-productively-working-from-home.html

HubSpot. How to Work From Home: 20 Tips From People Who Do It Successfully. https://blog.hubspot.com/marketing/productivity-tips-working-from-home

WebMD. The Secret (and Surprising) Power of Naps. https://www.webmd.com/balance/features/the-secret-and-surprising-power-of-naps#1

813 Dilihat